Perlu, Digitalisasi Arsip Surat Kabar


 

 

Liputan6.com, Yogyakarta: Pustakawan Universitas Cornell Amerika Serikat Jeffrey Petersen mengatakan, digitalisasi arsip artikel dan berita surat kabar perlu dilakukan untuk memudahkan akses informasi bagi mahasiswa dan masyarakat. “Digitalisasi surat kabar itu juga untuk mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan surat kabar di perpustakaan,” katanya di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta, Jumat (27/5).

Pada diskusi arsip digital itu Petersen mengatakan, mengoleksi berbagai macam surat kabar cetak, perpustakaan membutuhkan banyak ruang. Padahal, ruang perpustakaan sangat terbatas. Karena itu, perlu dikemas dan mengarsipkannya menjadi file digital yang dapat diakses dan disimpan dalam perangkat lunak komputer.

Petersen mengatakan, digitalisasi surat kabar juga dapat mengatasi permasalahan turunnya anggaran di perpustakaan-perpustakaan universitas di Amerika Serikat. Digitalisasi mampu meminimalkan anggaran untuk membeli surat kabar. “Kami berencana membangun kerja sama dengan universitas di Indonesia dalam digitalisasi arsip artikel dan berita dari surat kabar Indonesia,” katanya.

Posted on Juni 8, 2011, in Kearsipan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: