Jalan-Jalan

Trip Ke Belitung Island Laskar Pelangi

Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timurSumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebutsahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Pulau ini dahulu dimiliki Britania Raya (1812), sebelum akhirnya ditukar kepada Belanda, bersama-sama Bengkulu, denganSingapura dan New Amsterdam (sekarang bagian kota New York). Kota utamanya adalah Tanjung Pandan. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.

Sebagaian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda.
Penduduk Pulau Belitung terutama adalah suku Melayu (bertutur dengan dialek Belitung) dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka.
Secara geografis pulau Belitung (Melayu ; Belitong) terletak pada 107°31,5′ – 108°18′ Bujur Timur dan 2°31,5′-3°6,5′ Lintang Selatan. Secara keseluruhan luas pulau Belitung mencapai 4.800 km² atau 480.010 ha.Pulau Belitung disebelah utara dibatasi oleh Laut Cina Selatan, sebelah timur berbatasan dengan selat Karimata, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa dan sebelah barat berbatasan dengan selat Gaspar. Di sekitar pulau ini terdapat pulau-pulau kecil seperti pulau Mendanau, Kalimambang, Gresik, Seliu dan lain-lain.

Pasti tau donk film Laskar Pelangi, nah di sini adalah setting tempat syutingnya film itu… Ayooo buruan, rame2 ke Pulau Belitung…

Belitung Jadi Destinasi Wisata Nasional

PANGKALPINANG, KOMPAS.com – Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Eko Maulana Ali, menyatakan, Pulau Belitung sudah dijadikan sebagai wilayah destinasi (tujuan) wisata nasional.

“Pulau Belitung sudah dijadikan destinasi wisata dan ikon pariwisata nasional, sehingga semua daerah kabupaten harus mendukung kemajuan dunia kepariwisataan di provinsi ini,” katanya di Pangkalpinang, Jumat (1/10/2010).

Ia mengatakan, Pulau Belitung menjadi tuan rumah dalam kegiatan Sail Belitung 2011 dan ajang tersebut adalah momentum yang tepat untuk mempromosikan potensi kepariwisataan di daerah itu.

“Justru itu, seluruh kabupaten dan kota harus mendukung Sail Belitung 2011 ini,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, beberapa kegiatan kepariwisataan baik lokal dan nasional akan terus digelar di Pulau Belitung mengingat transportasinya sudah memadai.
“Seperti kegiatan pendaratan kapal untuk jalur trasportasi Singapura ke Belitung, kemudian di Belitung Timur juga akan diadakan kegiatan permainan catur di dalam air yang di sekelilingya ada karang-karang indahnya,” katanya.

Eko mengatakan, program parawisata mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan pemerintah kabupaten dan kota namun secara fisik belum terlihat kemajuannnya.

Ia mengatakan, para investor sudah menyatakan minat dan kesediaan untuk berinvestasi di Babel baik di sektor kepariwisataan dan sektor-sektor lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa Babel sudah jauh berkembang sehingga para pengusaha besar tidak enggan menanamkan modalnya di Negeri Laskar Pelangi ini,” ujarnya.

lit: wikipedia.com n belitungexplorer.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: